Ikan Gabus Bumbu Pucung - Korankarawang

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 14 Oktober 2016

Ikan Gabus Bumbu Pucung

KARAWANG-Sudah menjadi kebiasaan apabila field trips selalu menyempatkan berburu makanan khas daerah tujuan, ini sudah komitmen sebelum berangkat. Pesan wanti-wanti agar tidak lupa untuk mencari makanan yang langka. Kali ini tujuannya hanya di Karawang bagian utara, tepatnya di Desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta. Setelah melakukan aktifitas kunjungan ke lapangan dan kelompok tani, biasanya pada pk.12.30 WIB perut sudah protes minta diisi.
Akhirnya, kami berempat terdampar disebuah warung kecil dipinggiran irigasi, tepatnya di Pertigaan Panyingkiran-Rengasdengklok-Lemahabang Wadas.
Menu khas kali ini adalah Sayur Ikan Gabus Bumbu Pucung. Menu khas ini sebenarnya masakan khas Betawi yang disebut “Gabus Pucung” yaitu Ikan Gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak (mirip dengan masakan Rawon khas Jawa Timur). Satu kilogram Ikan Gabus, yang jumlahnya antara tiga dan empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000,- Sedangkan gabus segar dipatok harga Rp.35.000,- per kg.
Ikan Gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dijual dalam keadaan hidup, segar maupun menjadi gabus asin. Menurut pak Nana (38) salah seorang pemasok ikan gabus di warung makan, bahwa ikan gabus yang Ia peroleh berasal dari tangkapan alam, bukan dari hasil budidaya. Nah loh, pantesan mahal. Apalagi penyebarannya tidak merata, hanya ada di Lemahabang, Rawamerta, Telagasari dan loncat ke Bekasi di Kec. Sukatani dan pengelolanya biasanya masih keturunan Betawi.
Ikan Gabus termasuk Famili Channidae dengan nama ilmiahnya Channa Striata. Mempunyai beberapa nama daerah diantaranya Ikan Kutuk (Jawa), Ruan/Haruan (Kalimantan), dan Ikan Deleg (Palembang). Ikan gabus mempunyai ciri-ciri : berwarna coklat kehitaman, bagian bawah perut berwarna cerah, sisi badan mempunyai pita yang mengarah kedepan. Bentuk kepalanya menyerupai kepala ular sehingga dalam Bahasa Inggrisnya disebut Snakehead Murrel.
Meskipun Ikan Gabus di Indonesia sangat popular dan digemari, tetapi sampai saat ini ikan gabus belum banyak dibudidayakan. Ikan Gabus merupakan ikan air tawar daerah tropis seperti Afrika dan Asia termasuk Indonesia. Sebagian besar produksi Ikan Gabus di Indonesia berasal dari tangkapan alam. Lama-lama bisa jadi bakal punah.
Dari 100 gram Ikan Gabus mengandung energi 74 kkal, Protein 25,2 gr, lemak 1,7 gr, kalsium 62 mg, phosphor 176 mg, besi 0,9 mg, dan vitamin A 47 RE. Disamping itu, ikan gabus merupakan satu-satunya ikan yang mempunyai kandungan albumin sangat tinggi. Albumin merupakan salah satu jenis protein penting yang sangat diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here