pasang

Author Details

393 Guru di Purwakarta Siap Tekankan Metodologi Pengajaran Kitab

Selasa, 13 Desember 2016, 07.43 WIB
PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi hari ini Selasa (13/12) mengumpulkan seluruh Guru Agama yang dinyatakan lulus dalam seleksi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta di Bale Sawala Yudhistira, kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta, sebanyak 365 tenaga pengajar untuk pelajar muslim, 22 tenaga pengajar untuk pelajar Katholik dan Kristen Protestan, 3 tenaga pengajar untuk pelajar Budha dan 3 lainnya untuk pelajar Hindu dinyatakan lolos oleh lembaga yang menjadi leading sector program ini.

Total sebanyak 393 Guru Agama bersiap untuk memberikan pelajaran mulai hari Senin (19/11) mendatang dan diberikan gaji oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebesar Rp1,5 Juta dalam setiap bulannya.

Dalam kesempatan ini, pria yang akrab disapa Kang Dedi tersebut memberikan arahan terkait metodologi pengajaran Baca Tulis Al Qur’an, Kitab Kuning dan Kitab agama lain sesuai dengan keyakinan yang dianut oleh pelajar di Purwakarta.

“Keinginan Pemerintah Kabupaten Purwakarta bukan saja mencetak pelajar yang pandai membaca kitab agamanya. Tetapi, mereka juga harus mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab agama mereka, sehingga metodologinya tidak boleh teoritik tetapi harus aplikatif,” jelas Dedi.

Dedi mencontohkan, sebelum masuk ke dalam pelajaran inti, seluruh pelajar harus berada dalam keadaan suci seperti berwudhu bagi pelajar muslim. Menurut dia ini penting untuk menciptakan kondisi psikologi siswa yang nyaman saat menerima pelajaran.

“Seluruh pelajar harus dalam keadaan suci, kemudian nilai kesucian ini harus mereka aplikasikan dalam pergaulan bersama kawan-kawannya, suci dalam berucap, tidak boleh berkata kotor juga suci dalam tindakan, membangun semangat saling membantu dan toleransi sesama kawan,” jelasnya kembali.

Lebih jauh, pria yang juga aktif sebagai Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Kabupaten Purwakarta ini mengingatkan pentingnya ketauladanan guru bagi pelajar. Menurut dia, guru harus menjadi cermin setiap pokok bahasan yang diberikan kepada pelajar.

“Karena kita sedang bicara Agama maka Guru harus menjadi ‘uswah hasanah’ atau contoh yang baik bagi pelajar. Keteladanan sangat penting, aspek inilah yang hari ini langka,” tandasnya.(Hms/Bim)
Komentar

Tampilkan

Terkini