BERBAGAI KEGIATAN AKAN DI GELAR UNTUK PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL DI KARAWANG - Korankarawang

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 11 Oktober 2017

BERBAGAI KEGIATAN AKAN DI GELAR UNTUK PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL DI KARAWANG

KARAWANG-Tepat pada momentum Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2017, sekitar 3 ribu lebih santri dan siswa SMP, SMA dan sederajatnya akan berkumpul di Lapangan Karangpawitan untuk menggelar kegiatan apel akbar atau upacara bendera.
Rencananya, upacara akbar yang akan diikuti oleh santri dari Nahdarul Ulama (NU), Muhammadiyah, LDII, Persis dan Al-Irsyad Karawang ini akan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) sebagai pembina upacara.
Sementara pemimpin upacara akan dipimpin langsung oleh perwakilan dari Kementerian Agama Karawang. Tidak hanya itu, pembacaan teks Pancasila juga akan dilakukan oleh santri dari LDII. Sementara santri dari Nahdatul Ulama (NU) akan bertugas untuk membacakan teks “ikrar santri”.
Bukan hanya kegiatan seremonial upacara semata, kemeriahan HSN di Karawang ini juga akan digelar berbagai macam perlombaan islami pada 21 Oktober 2017. Yaitu seperti lomba tahfidz qur’an, busana muslim dan muslimah, sampai dengan lomba ngaliwet santri.
Setelah seremonial upaca santri pada 22 Oktober 2017 selesai digelar, perwakilan siswa dan santri juga akan menyuguhkan berbagai macam keterampilan parade seni, budaya dan berbagai macam keterampilan santri lainnya untuk unjuk gigi di depan umum. Kemeriahan HSN ini sendiri difasilitasi langsung oleh Pemkab Karawang.
Ketua PCNU Karawang, KH. Ahmad Ruhyat Hasby (Kang Uyan) mengatakan, HSN sendiri merupakan keputusan Presiden Jokowi yang kemudian PBNU mengamanahkan ke setiap PCNU di seluruh Indonesia untuk memeriahkan peringatannya. Bahkan setiap PCNU di seluruh kabupaten/kota diwajibkan untuk membacakan “sholawat nariyah” sebanyak 1.000 kali.
“Jadi untuk kegiatan HSN di Karawang kita bersama Ormas Islam yang lain akan menggelar upacara akbar dan berbagai macam perlombaan islami yang akan diikuti siswa dan santri. Terima kasih kepada pemkab yang sudah mau memfasilitasi kegiatan ini,” tutur Kang Uyan, saat mengikuti rapat persiapan HSN di ruang rapat lantai 2 kantor Bupati Karawang, Rabu (11/10).
Hal senada diungkapkan Ketua Muhammadiyah Karawang, Ustadz Maman Kosman. Menurutnya, Muhammadiyah sendiri sangat mendukung berbagai macam rangkaian kegiatan di HSN ini. Karena ini merupakan mutlak keputusan presiden yang harus didukung secara bersama.
“Sudah ada keputusan dari presiden, ini harus dilakukan. Sehingga sebagai sebagai salah satu elemen bangsa, Muhammadiyah akan menghormati dan tetap menjungjung tinggi acara-cara yang berkaitan dengan santri. Kita belum punya pesantren, namun MDA/SMA Muhammadiyah akan mewakilkan 200 siswa untuk ikut kegiatannya,” tutur Ustadz Maman Kosman.
Ketua Bidang Garapan Dakwah Persis Karawang, Ustadz Iik Irawan juga menambahkan, HSN merupakan momentum kebersamaan santri dan Ormas Islam Karawang yang difasilitasi langsung oleh Pemkab Karawang. Sehingga Persis sangat menyambut positif kegiatan ini.

“Kita menyambut baik, karena ini dalam rangka untuk mempersaudarakan semu Ormas Islam Karawang. Kegiatannya juga mewakili semua Ormas. Tidak ada yang namanya diskriminasi kelompok. Umat islam rindu untuk persatuan yang seperti ini,” pungkasnya.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here