pasang

Author Details

Pemkab Karawang Sampaikan Data Kerugian Nelayan Akibat Tumpahan Minyak

Selasa, 13 Agustus 2019, 05.24 WIB
KoranKarawang.Com 
Akibat tumpahnya minyak mentah Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Karawang telah melakukan pendataan kerugian yang dialami nelayan setempat. 

Dikatakan Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang, Abu Bukhori, hasil pendataan tersebut pihaknya akan menyampaikan kepada  Pertamina Hulu Energi sebagai bahan pertimbangan dalam penyaluran kompensasi.

"Kami sudah melakukan pendataan agar para nelayan dan petani tambak yang mengalami kerugian atas peristiwa itu bisa mendapat kompensasi atau ganti rugi," katanya Abu, Selasa (13/8/2019).

Abu juga menuturkan, Setelah diusulkan ke pihak Pertamina, nelayan dan petambak ikan yang terkena dampak tumpahnya minyak mentah itu tidak langsung mendapatkan kompensasi, namun mereka harus menunggu hasil verifikasi yang akan dilakukan Pertamna. 

"Pihak Pertamina punya tim verifikasi terkait penyaluran kompensasi atau ganti rugi itu," imbuhnya.

Abu mengaku, tidak tahu secara pasti jumlah kerugian yang dialami. sebab pendataan yang dilakukan bukan berkaitan dengan jumlah kerugian nelayan atau petani tambak akibat tumpahnya minyak mentah.

"Jadi pendataan yang kami lakukan bukan menghitung jumlah kerugian. Tapi dilaporkan setiap per kejadian dari dampak tumpahnya minyak mentah itu," tutur Abu.

Sementara itu, sejak sekitar sebulan terakhir nelayan dan masyarakat pesisir utara Karawang ikut terlibat membersihkan limbah minyak di area bibir pantai wilayah Karawang.

Dengan ikut membersihkan area bibir pantai dari limbah minyak mentah, mereka mendapatkan upah dari Pertamina Rp100 ribu per hari ditambah uang makan.***

Komentar

Tampilkan

Terkini