pasang

Author Details

Tahun Depan, Pajak Usaha Rumah Kos Bakal Dihapus

Senin, 31 Juli 2023, 00.00 WIB


KoranKarawang.Com

Pembayaran pajak untuk usaha Kos-kosan atau Rumah Kos (rukos) yang ada di setiap Kabupaten/Kota bakal dihapuskan. 

Diungkap Sekretaris Bapenda Karawang, Sahali, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD).


“Untuk usaha seperti Rumah Kos ini bakal dihapuskan dari Objek Pajak sesuai UU Nomor 1 Tahun 2023. Mulai tahun depan, atau tepatnya terhitung mulai awal tahun 2024 nanti,” ujarnya, Senin (31/7/2023).


Lebih lanjut Sahali menuturkan, tahun ini merupakan tahun terakhir penerapan Wajib Pajak terhadap Rumah Kos, termasuk yang ada di Kabupaten Karawang. Maka mulai Januari 2024 mendatang, mulai dihapuskan sepenuhnya.


"Sekarang Perda-nya masih disusun Pansus, tapi ada batas waktu, nanti 5 Januari Perda-nya harus sudah berlaku,” jelas Sahali.


Meski kehilangan salah satu objek pajak, Sahali mengatakan Bapenda meyakini bahwa hal tersebut tidak akan terlalu berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karawang.

“PAD pasti berkurang, tapi tidak akan terlalu signifikan. Di sisi lain, untuk pajak Rumah Kos ini bukan termasuk dari bagian target pajak yang telah kami prioritaskan,” pungkasnya. ***

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

+