Author Details

Indahnya Air Terjun di Sungai Cikaso

Minggu, 30 Oktober 2016, 04.19 WIB
Air Terjun Cikaso
SUKABUMI - Membayangkan wisata alam Sukabumi, mungkin sebagian orang terbayang dengan destinasi pegunungan atau pun pantai. Sukabumi memang memiliki beberapa sungai besar yang bermuara tentunya di Pantai Selatan. Seperti halnya Sungai Cikaso.

Sungai yang memiliki panjang hingga 56 kilometer ini bermuara di Muara Cikaso atau lebih terkenal Pantai Cikaso yang berada di Desa Buniasih, Kecamatan Tegal Buled.

Bukan hanya sebagai destinasi wisata, sungai ini juga sering dimanfaatkan warga sekitar sebagai transportasi air, dan dijadikan objek wisata petualangan bagi penduduk setempat.

Dengan menggunakan sampan yang berukuran 10 meter lebar 2 meter ini, kita bisa melaju mengikuti aliran sungai dengan kecepatan maximal 40 km/jam, menggunakan mesin tempel dengan kapasitas hingga 15 orang, tentunya membayar tarif sebesar Rp 250 ribu.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mempeseona sepanjang aliran sungai dengan lebar hampir 30 meter ini, pengunjung pun bisa singgah di air terjun yang memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan air terjun lainnya yang berada di Kabupaten Sukabumi.

Air Terjun Cikaso atau biasa disebut Curug Cikaso jadi destinasi wisata populer dan menyenangkan. Curug yang terbentuk dari tiga air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan baguan air terjun ini terdapat kolam dengan warna air yang hijau dan kecoklatan.

Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas, sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing menghadap ke arah timur. Masing masing air terjun ini memiliki nama masing masing, yang paling kiri bernama Curug Aseupan, yang tengah Curug Meong, dan yang paling ujung dan agak bersembunyi namanya Curug Aki. Yang rata rata memiliki ketinggian hingga 60 sampai 80 meter dengan lebar 100 meter.

Jadi tunggu apa lagi, jika anda akan mengunjungi Curug Cikaso, haruslah dulu menyewa sampan yang terbuat dari kayu untuk menyusuri sungai Cikaso yang indah dan mempersona.(Vv)
Komentar

Tampilkan

Terkini