Author Details

Dedi Mulyadi Lantik Kepala Desa di Tengah Sawah

Rabu, 23 November 2016, 00.40 WIB
PURWAKARTA - Sebanyak enam kepala desa dari lima kecamatan di Kabupaten Purwakarta malam tadi Rabu (23/11) secara resmi telah dilantik oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Usai perhitungan suara di TPS masing-masing desa, semua kades terpilih kemudian diboyong menuju Kampung Cipulus Desa Nagrog, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta untuk menjalani prosesi pelantikan di tengah sawah.

Keenam kepala desa yang berasal dari Desa Cicadas Kecamatan Babakan Cikao, Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur, Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Desa Sempur Kecamatan Plered, Desa Cikadu Kecamatan Cibatu dan Desa Gardu Kecamatan Kiarapedes digiring oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk turun ke area pesawahan tanpa menggulungkan celana dan tanpa mengenakan alas kaki.

“Saya sengaja melantik para kepala desa di tengah sawah, tujuannya agar mereka mau menjaga keberadaan potensi desa secara utuh, sawah harus terjaga, peternakan harus terjaga serta para petaninya pun harus terjaga,” kata Dedi dalam sambutan yang ia sampaikan.

Kepala Desa pun menurut Dedi, harus mampu menciptakan branding desanya masing-masing, termasuk didalamnya membangun sistem promosi untuk produk yang dihasilkan desa tersebut, selain tetap melakukan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.

“Eks kompetitor di Pilkades harus dirangkul, ajak mereka membangun desa secara bersama-sama,” tegasnya.

Salah seorang Kepala Desa terpilih Jaya Permana mengatakan pelantikan yang baru saja ia jalani menyiratkan makna bahwa pemimpin harus hidup sederhana, karena biasanya di daerah lain ia melihat prosesi pelantikan itu selalu digelar di gedung atau hotel.

“Saya sadari ini pesan dari Pak Bupati agar kita hidup sederhana,” kata Kades Parakan Lima Jatiluhur yang menang dengan raihan 1.400 suara ini.

Prosesi pelantikan yang tidak biasa ini bukan pertama kali digelar, beberapa waktu yang lalu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik Kepala Desa Mulyamekar di atas speed boat di Sungai Citarum.(Hms/Bim)
Komentar

Tampilkan

Terkini