Jokowi Ke Pemuda Karawang "Keinginanmu Gimana?" - Korankarawang

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 23 Desember 2016

Jokowi Ke Pemuda Karawang "Keinginanmu Gimana?"

KARAWANG - Seorang pemuda asal Kabupaten Karawang, Fadis (22) berkesempatan berdiri di atas panggung bersama Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi dalam peresmian Pemagangan Nasional di Karawang International Industry City (KIIC) Kabupaten Karawang, Jumat (23/12).

Fadis merupakan satu diantara 5.000 calon peserta magang di lebih dari 500 perusahaan di Karawang. Kepada Jokowi, ia mengaku mendapat pelatihan elektronika dari Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Karawang.

"Di sini ada peserta magang enggak?," ujar Jokowi. Lantas, Fadis maju ke depan dan memperkenalkan diri. Di BLK sebulan lebih, ia mendapat ilmu elektronika mulai dari penyoldier-an hingga pembuatan PCL.

"Saya dilatih belajar soldier, membuat PCL atau speaker aktif bapak presiden," ujar Fadis. Jokowi kemudian balik bertanya. Ia menanyakan keinginan Fadis setelah selesai belajar di BLK kemudian melewati program magang.

"Jadi setelah ini mau di mana, maumu gimana, keinginanmu gimana," ujar Jokowi seraya tersenyum dan langsung dijawab sigap oleh Fadis yang mengenakan pakaian hitam putih itu. Mukanya tampak berseri-seri saat ditanya itu.

"Mewakili peserta magang lainnya, harapannya mudah-mudahan manajer-manajer HRD di perusahaan-perusahaan besar bisa menerima dan menyaring kami kemudian bekerja di perusahaan-perusahaan bapak-ibu pimpin," ujar Fadis.

Dijawab Jokowi, Fadis dan peserta lainnya harus melewati proses magang untuk menguatkan skill dan kemampuan dalam bekerja sesuai bidangnya. "Saya kira tahapannya magang dulu, kan nanti kelihatan kemampuannya setelah itu baru bekerja," ujarnya.

Usai percakapan itu, Jokowi sedikit guyon bahwa biasanya, jika ada anak yang dipanggil ke panggung bersamanya selalu diberi hadiah.

"Biasanya yang setelah ajak ngomong sama saya suka diberi hadiah, tapi sekarang saya enggak bawa. Tapi nanTi diberi," ujar dia. Namun seorang ajudannya nampak memberi sinyal mempersiapkan hadiah.

"Ada enggak hadiahnya, siap-siap," ujar Jokowi yang disambut tawa. Seorang ajudan akhirnya menyerahkan sesuatu kepada Jokowi dan menyerahkan hadiah itu ke Fadis.

Fadis sendiri mengaku ingin bekerja di perusahaan manufaktur, khususnya di pabrik mobil. "Ya boleh nanti kamu kerja di pabrik mobil, nanti kan kamu bisa bangun audio mobilnya," kata Jokowi.

Hadir pada momen itu Wagub Jabar Deddy Mizwar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan wakilnya Ahmad Zamakhsari, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dakiri.(tribunjabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here