Serentak Diempat Lokasi Pesisir, Festival Budaya Larung Laut Digelar - Korankarawang

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 17 September 2018

Serentak Diempat Lokasi Pesisir, Festival Budaya Larung Laut Digelar


KoranKarawang.Com
Serentak diempat lokasi pesisir pantai Utara Karawang Festival Budaya Larung Laut kembali di gelar, salah satunya di Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Tempuran sebagai pusat pelaksanaan kegiatan nadran laut, Minggu (17/9).

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang hadir dalam kegiatan tersebut beserta Muspida Karawang serta Ketua KPPL TPI Samudra Mulya, H. Budianto, Kepala Desa Ciparage Jaya, Tambun dan segenap Muspika Kecamatan Tempuran, mengatakan, acara nadran laut merupakan salah satu kegiatan rangkaian dalam HUT Karawang ke 385. Dengan dilaksanakannya upacara nadran laut di 4 titik serentak dan 2 titik tambahan. Diharapkan pesisir bisa merasakan euforia HUT Karawang yang ke 385 tahun.

“Acaranya luar biasa mewah, saya selalu hadir. Tiap tahun selalu ada peningkatan,” ujar Bupati

Kegiatan serupa juga di berapa kecamatan lain di pesisir karawang. Namun, desa ciparagejaya di jadikan Sentral kegiatan sehingga secara isi acaranya lebih meriah.

Menurut H.Budianto selaku Ketua KPPL TPI Samudera mulya, Hal tersebut di lakukan sejak puluhan tahun lalu secara turun temurun sebagai rasa syukur kekayaan laut yang melimpah. Festival budaya larung laut atau nadran laut juga merupakan bentuk penghormatan terhadap para leluhur. Tujuannya, untuk menolak bala serta meningkatkan hasil tangkapan para nelayan.

“Tidak bisa di jelaskan secara nalar tapi hal ini lah yang membuat indonesia semakin kaya. Hari ini kita melaksanakan acara adat, untuk menghormati peninggalan budaya para leluhur. Tanpa mengurangi rasa iman kita kepada tuhan yang maha esa,” katanya.

H.Budianto juga menerangkan, persiapan acara pesta laut di desa Ciparagejaya sudah di lakukan sejak delapan bulan lalu. Melibatkan 300 kapal dan ribuan nelayan.

“Bukan hanya nadran laut, selama 2 pekan di gelar juga ada festival budaya. Yang merayakan pesta lautdiantaranya Paksijaya, Sungai buntu, Betok mati, Ciparagejaya juga Tengkolak, Dan di sini (Ciparagejaya) adalah sentral dari kegiatan pesta laut pesisir karawang, Makanya acaranya paling meriah,” pungkasnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here