Author Details

Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balikan Petugas di Pos Penyekatan Tanjungpura Karawang

Rabu, 05 Mei 2021, 15.47 WIB
KoranKarawang.Com

Ratusan kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4)  yang tengah melakukan perjalanan mudik Lebaran 2021 terpaksa diputar balik oleh petugas kepolisian di Posko Pengamanan dan Penyekatan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, Kamis (06/05/2021) dinihari.


Upaya pengetatan itu dilakukan jajaran Kepolisian Resort (Polres) Karawang seiring diberlakukanya larangan mudik lebaran 2021.


“Kendaraan R2 atau R4 yang melintas di perbatasan Bekasi-Karawang, kami lakukan pemeriksaan. Hingga pukul 01.30 WIB, sudah ratusan kendaraan R2 dan puluhan kendaraan R4 kita putar balikan ke arah jakarta,” kata Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Penyekatan Tanjungpura Karawang, Kompol Suparno.
 

Dijelaskan Suparno, kegiatan pengetatan yang dilakukan telah sesuai dengan perintah langsung dari pemerintah soal mengadakan pengetatan untuk menindaklanjuti kegiatan larangan mudik.


“Terhitung hari ini, yaitu tanggal 6 Mei 2021, penyekatan kami lakukan. Dan bagi pengendara yang tidak membawa syarat untuk keluar wilayah, akan kami putar balikan,” tegasnya.


Pantauan di lokasi hingga pukul 02.30 WIB, sejumlah pengendara terlihat pasrah dan mengikuti arahan petugas saat diminta putar balik oleh petugas. Sebagian dari para pengendara, memang mengaku sengaja ingin mudik ke kampung halaman.


“Alhamdulillah tidak ada yang protes atau bagaimana, karena kita menjelaskan larangan mudik ini secara humanis dan sistematis sesuai prosedur yang berlaku juga. Pemeriksaan yang dilakukan, seperti KTP, keterangan rapid test kemudian SIM dan kelengkapan kendaraan. Alhamdulillah para pengendara dapat mengerti,” ujar Suparno.


Sebelumnya, ribuan kendaraan roda dua dari sejumlah wilayah seperti Jakarta dan Bekasi, terpantau memadati jalur arteri Lingkar Tanjungpura-Klari, Kabupaten Karawang, Jabar.
Pantauan wartawan di pertigaan lampu merah Tanjungpura, Karawang pada Selasa (04/05/2021) malam, ribuan kendaraan pemudik bebas melintasi perbatasan Bekasi-Karawang menuju Jawa Tengah tanpa ada penyekatan yang dilakukan oleh petugas kepolisian. * RED/FAR

Komentar

Tampilkan

Terkini