Author Details

Presiden Akan Resmikan Program Magang di Karawang

Rabu, 09 November 2016, 03.15 WIB
KARAWANG - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan meresmikan program magang di perusahaan yang rencananya akan diikuti oleh 5000 orang calon tenaga kerja yang merupakan asli warga Karawang, program ini pun menjadi pilot project magang calon karyawan industri seluruh Indonesia.‎

Rencananya Presiden akan mengunjungi langsung tempat berlangsungnya pemagangan ini yang bertempat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Jalan Soeroto Koento, Kabupaten Karawang, 24 November mendatang.

Kadisnakertrans Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto membenarkan hal tersebut, menurutnya pemagangan ini adalah salah satu prestasi Kabupaten Karawang, dalam dunia kerja di Indonesia.

"Nantinya 2000 perusahaan dari seluruh Indonesia akan menggunakan cara yang sama seperti di Kabupaten Karawang, mengapa memilih Karawang, karena Karawang adalah yang pertama kali mengusulkan proses magang ini, sehingga mendapat respon positif dari Presiden," ujarnya di ruang kerjanya pada Rabu (9/11/2016).

Menurut Suroto, Karawang juga telah mengaplikasikan Perbup No 8 Tahun 2016, yang menjadikan Karawang menyaring tenaga kerja dengan kebijakan satu pintu melalui Disnakertrans, hal ini juga diharapkan bisa diikuti daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Para pencaker juga sebelumnya dilatih di Disnakertrans agar lebih berkompeten, baik dalam skill, pengetahuan mengenai industri, dan bahkan sikap sehingga bisa lebih menguntungkan perusahaan-perusahaan‎ tempat dimana mereka magang, dan dilanjut bekerja nantinya," ujarnya.

Suroto juga mengatakan proses magang 5000 orang ini bukanlah perkara yang mudah, karena sebelumnya Pemkab juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementrian Ketenagakerjaan, Dirjen Tenaga Kerja, Kamar Dagang dan Industri dan stake holder lainnya.


Oleh karenanya Suroto berharap dengan proses magang ini, bisa menekan tingkat pengangguran di Kabupaten Karawang, bahkan dengan rencananya akan diikuti oleh tempat lain di Indonesia, maka dengan terobosan Disnakertrans Kabupaten Karawang, bisa menekan pengangguran di Indonesia pula.(May/Bim)
Komentar

Tampilkan

Terkini