pasang

Author Details

Cisomang Masih Dalam Perbaikan, Kang Dedi Usulkan Buka Gerbang Tol Darurat di KM 99 Tol Cipularang

Minggu, 08 Januari 2017, 22.51 WIB
PURWAKARTA - PT Jasa Marga selaku leading sector layanan jalan tol di Indonesia berencana untuk membuka gerbang tol darurat di KM 99+400 ruas Tol Cipularang. Langkah ini dilakukan mengingat Jembatan Cisomang yang merupakan bagian dari tol tersebut masih mengalami perbaikan.

Rencana tersebut mendapatkan respon dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi karena gerbang tol darurat yang akan dibuka itu masih berada di wilayah Kecamatan Darangdan yang secara administratif merupakan wilayah yang dia pimpin. Menurut pria yang kerap disapa Kang Dedi itu, gerbang tol yang akan dibuka seharusnya tidak hanya bersifat darurat, melainkan harus permanen.

Usulan ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, beban tonase Jembatan Cisomang harus dikurangi dengan cara mengarahkan kendaraan berat untuk keluar dari pintu tol yang ia usulkan menjadi permanen tersebut, melalui langkah ini diharapkan Jembatan Cisomang dapat bertahan lebih lama dan lebih aman untuk dilalui kendaraan.

“Saya usulkan untuk bisa menjadi gerbang tol permenan, karena riskan kalau Jembatan Cisomang terus dilalui oleh kendaraan bertonase besar, kendaraan besar itu kan bisa diarahkan untuk keluar lewat pintu tol ini,” ungkap Dedi di lokasi gerbang tol darutat, KM 99+400 Tol Cipularang.

Selain dalam rangka menjaga konstruksi jembatan agar tetap bertahan lama, usulan pembukaan gerbang tol permanen ini dilontarkan oleh Bupati yang tengah menjabat untuk periode yang kedua tersebut untuk menghidupkan sektor ekonomi di wilayah itu yang mati suri sejak keberadaan Tol Cipularang.

“Kehidupan ekonomi di wilayah ini bisa hidup kembali nantinya,” katanya menambahkan.(Hms/Bim)
Komentar

Tampilkan

Terkini