pasang

Author Details

Sebanyak 400 orang, Dinas PUPR Karawang Bakal Tingkatkan Kualitas Penjaga Pintu Air

Selasa, 13 Februari 2024, 09.07 WIB


KoranKarawang Com

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang akan meng-upgrade ratusan penjaga pintu air atau dikenal waker menjadi tim biru.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Karawang, Aries Purwanto menyampaikan, Kabupaten Karawang sendiri saat ini memiliki penjaga pintu air sebanyak kurang lebih 400 orang. Sedangkan ugas dan fungsi petugas pintu air sendiri antara lain adalah memantau dan memonitoring pintu air atau drainase baik yang ada diperkotaan maupun pedesaan.

“Waker (petugas pintu air) jumlahnya 400-an, itu yang akan kita upgrade dan tingkatkan untuk siap siaga,” ujar Aries diruang kerjanya,  Selasa, (23/2/ 2024).

Upgrade petugas waker menjadi tim biru bertujuan untuk meningkatkan kesiapansiagaan para petugas dalam mengawasi pintu air terutama dimusim penghujan.

“Yang akan kita coba gulirkan, lagi dirancang itu upgrading waker menjadi tim biru. Prosesnya sedang kita siapkan. Jadi kami upgrade dari sisi kapabilitas termasuk peralatan serta perlengkapannya, sehingga pada saat kejadian seperti musim hujan mereka siaga untuk menangani,” paparnya.

Dalam hal ini, ia berharap masyarakat juga turut berkontribusi dalam menjaga saluran air yang ada di Kabupaten Karawang. Caranya cukup dengan menumbuhkan kesadaran, untuk tidak membuang sampah ke saluran air.

“Kedepan rencananya akan kita ajak masyarakat untuk aksi salira (aksi bersih-bersih saluran air),” tutup Aries. ***

Komentar

Tampilkan

Terkini