Author Details

Tes Kesamaptaan, Polres Karawang Laksanakan Sesuai Prokes

Selasa, 23 Maret 2021, 21.08 WIB


KoranKarawang.Com

Jajaran personel Kepolisian Resort (Polres) Karawang, menggelar pelaksanaan Test Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode I Tahun 2021 di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Rabu (24/03/2021) pagi.


Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kabag Sumda Polres Karawang, Kompol Adi Fauzi menyampaikan, test Kesamaptaan tersebut dilaksanakan secara berkala yakni setiap enam bulan sekali dalam setiap tahunnya. Selain itu, test ini bukan hanya dilakukan oleh jajaran Polres Karawang saja, tapi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. 


"Test ini dilakukan guna mengetahui kondisi fisik dan kesiap siagaan dari seluruh personel anggota polisi yang ada di Polres Karawang," ungkapnya.


Lanjut Adi Fauzi, test tersebut merupakan test serupa yang dilaksanakan pada saat awal mendaftar sebagai anggota Polri.


"Test yang dilakukan oleh mereka saat ini, adalah test pada saat mereka belum jadi anggota Polri. Artinya test tersebut merupakan test yang dilakukan pada saat mendaftar menjadi bagian Polisi Republik Indonesia (Polri)," ucapnya.


Dituturkannya, test berkala yang dilakukan oleh seluruh personel kepolisian ini. Tidak menutup kemungkinan bagi mereka anggota polisi lulusan Bintara atau Tamtama, bisa melanjutkan jenjang karirnya untuk menjadi perwira polisi.


"Apapun pangkat mereka, kalau fisik dan kebugaran tubuhnya bagus. Ditambah anggota (Bintara atau Tamtama) berkeinginan untuk sekolah kepolisian guna melanjutkan ke jenjang karir sebagai seorang perwira, salah satu test yang dilakukan di sekolah perwira juga sama seperti saat ini dilaksakan oleh mereka," tuturnya.


Mekanisme test ini, sambung Adi Fauzi, di check berdasarkan usia dari setiap personel anggota kepolisian.


"Kalau usianya di atas 40 tahun, kita berikan porsi test yang berbeda. Jadi, untuk yang usianya 40 tahun ke bawah atau di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan usia-usia tiap personel, porsi test-nya pasti jelas berbeda," jelasnya.


Adi Fauzi juga menyebutkan, untuk jenis Test Kesamaptaan Jasmani, terbagi menjadi 5 kategori. Yang pertama adalah lari dengan mengelilingi lintasan atletik yang berukuran standard (400 meter).


Kemudian lanjut pada kategori berikutnya,  Push-Up, Sit Up, Pull Up atau Chining, dan Shutle Run (lari membentuk angka 8, red)


"Kategori Pull Up, diperuntukkan bagi anggota polisi laki-laki. Sedangkan kategori Chining, diperuntukkan bagi anggota polisi wanita (Polwan).," jelasnya.


Masih dikatakan Adi Fauzi, pelaksanaan Test Kesamaptaan Jasmani untuk seluruh personel Polres Karawang dilaksanakan di tengah wabah pandemi Covid-19. Pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan.


"Karena ada pandemi, jadi kita bagi-bagi waktunya dan protokol kesehatan 5M tetap kita utamakan juga. Pelaksanaan Test Kesamaptaan ini, dilaksanakan hingga hari Jum'at (26/03/2021)," ujarnya.


Sedangkan untuk Test Kesehatan anggota Polri,  pelaksanaannya hampir sama dengan Test Kesamaptaan.


"Test Kesehatan juga sama, dilaksanakannya secara berkala yakni per 6 bulan sekali. Itu pelaksanaannya dilakukan di Mapolres Karawang dan pelaksanaannya sudah dilakukan kemarin," tambahnya. *Far/not


Komentar

Tampilkan

Terkini