Harga Cabai Mahal, Dedi Mulyadi Ajak Pelajar di Purwakarta Tanam Cabai - Korankarawang

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 10 Januari 2017

Harga Cabai Mahal, Dedi Mulyadi Ajak Pelajar di Purwakarta Tanam Cabai

PURWAKARTA - Harga cabai di pasar tradisional Purwakarta sampai hari ini Selasa (10/1) terpantau mencapai Rp130 ribu hingga Rp150 ribu per kilo gram. Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kondisi ini tidak terlepas dari kebiasaan menanam sendiri cabai yang dahulu pernah eksis di tengah masyarakat mulai hilang.

Untuk menghadapi kondisi ini dalam jangka panjang, pria yang kerap disapa Kang Dedi ini menggulirkan kegiatan menanam bibit pohon cabai secara serentak di seluruh sekolah di kabupaten yang dia pimpin. Anak sekolah menurut dia, harus diajarkan untuk produktif dalam menjawab persoalan pangan di wilayahnya, bukan sibuk bermain gadget.

“Kalau menanam itu kan sudah biasa kita lakukan di sekolah, aneka tanaman mulai dari padi, sayur dan palawija pernah kita tanam, panennya berhasil. Kita fokus tanam cabai hari ini,” kata Dedi saat ditemui di SDN Ciwangi I Kecamatan Bungursari Purwakarta hari ini.

Dalam kesempatan itu Dedi juga meminta kepada seluruh penyuluh di Purwakarta untuk memberikan edukasi aplikatif kepada para pelajar di wilayah itu. Termasuk para guru biologi menurutnya, harus mengarahkan pelajar untuk mengaplikasikan setiap materi yang diajarkan sehingga terintegrasi dengan pertanian.

“Penyuluh pertanian hari ini bukan hanya harus mengadvokasi petani, tetapi harus mulai turun ke sekolah-sekolah, mengedukasi pelajar bahwa menanam itu menyenangkan. Ada 150 ribu siswa di Purwakarta, kalau setiap siswa menanam 5 bibit saja maka akan ada 750 ribu pohon yang berhasil ditanam. Kalau berhasil panen, bayangkan sendiri hasilnya,” ujarnya kembali.

Khusus cabai rawit, Bupati yang tengah menjalani masa jabatan untuk periode yang kedua tersebut mengimbau agar penanaman bibit cabai rawit disesuaikan dengan jenjang kelas para pelajar. Ia mencontohkan pelajar yang belajar di Kelas 9 harus menanam bibit cabai sebanyak 9 bibit untuk di rumah dan 9 bibit untuk di sekolah.

“Kalau begitu kan bisa jutaan bibit cabai yang ditanam,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, di SDN I Ciwangi sendiri, para pelajar bukan hanya menanam bibit pohon cabai yang baru, mereka juga terlihat sudah memanen cabai yang bibitnya sudah mereka tanam beberapa bulan lalu.(Hms/Bim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here